Rabu, 10 Januari 2018

Wisata Air Terjun Giri Manik Setren Kecamatan Slogohimo

 
Air Terjun Giri Manik Setren KecamatanSlogohimo (foto: bolehtanya.com)

Wisata Air Terjun Giri Manik terletak di Desa Setren Kecamatan Girimanik atau berjarak 35 Km dari kota Wonogiri arah timur. Wisata alam ini menyuguhkan keindahan kawasan hutan pinus dan air terjun lereng selatan Gunung Lawu. 
Suasana di tempat wisata ini begitu sejuk, sangat cocok bagi mereka yang ingin melepas penat karena kesibukan. Deretan pohon pinus yang menjulang tinggi dipadu dengan keindangan alam menjadikan Wisata Giri Manik begitu menarik untuk dikunjungi. 
Wisata alam Girimanik dilengkapi dengan tiga air terjun yang masing - masing diberi nama sebagai berikut :
  1. Air Terjun Manik Moyo. Merupakan air terjun ini mempunyai ketinggian 100 meter sehingga air yang jatuh membentuk kabut yang dingin. Dinamakan Manik Moyo merupakan nama lain dari Semar Tokoh Punakawan. Air Terjun ini merupakan air terjun tertinggi.
  2. Air Terjun Tejo Moyo. Air terjun ini merupakan air terjun kedua dengan ketinggian hanya 30 meter. Dinamakan Tejo Moyo karena memiliki kesamaan dengan nama Tokoh wayang Togog.
  3. Air Terjun Condro Moyo. Air terjun ketiga yang memiliki ketinggian 40 meter. Dinamakan Condro Moyo karena masyarakat setempat percaya di tempat air terjun ini para Punakawan berkumpul. 
Di tempat wisata alam ini juga kerap digelar event budaya dengan kearifan lokal, diantaranya adalah Susuk Wangan Setren Giri Manik pada awal musim penghujan. 

Penasaran dengan Air Terjun Giri Manik? Ayo Rame-Rame Neng Wonogiri!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar