Selasa, 30 Januari 2018

SONGSONG PEMILIHAN GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR TAHUN 2018 DENGAN "COKLIT"




Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah akan dilaksanakan pada Rabu Pon, 27 Juni 2018 secara serentak di 34 Kabupaten/Kota Se-Jawa Tengah. Berbagai persiapan telah dilaksanakan KPU Jawa Tengah sebegai lembaga penyelenggara pemilihan umum di Jawa Tengah. 
Salah satu kegiatan awal adalah Coklit Serentak. Coklit kepanjangan dari Pencocokan Dan Penelitian data pemilih apakah masih valid atau tidak. Pelaksanaan Coklit sudah dimulai pada 20 Januari 2018 lalu hingga 18 Februari 2018. 

Sebagaimana dikutip dari laman website KPU Kabupaten Wonogiri, maksud dari gerakan coklit serentak ini adalah sebagai upaya nyata perwujudan kualitas daftar pemilih yang salah satunya ditentukan oleh kualitas coklit. Sedangkan tujuan dilaksanakannya coklit serentak iniuntuk mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam proses Pemilu maupun Pemilihan khususnya pada tahapan pemutakhiran daftar pemilih. Tokoh yang diambil untuk dilakukan coklit secara serentak diantaranya adalah Bupati Wonogiri, Wakil Bupati Wonogiri, Ketua DPRD, Mbah Sadiman (peraih Kalpataru), Alifah (Juara olimpiade karate), Ir. Joko Purnomo (Anggota DPRD Provinsi) dan tokoh-tokoh lainnya lainnya.

Untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2018 jumlah pemilih yang memiliki hak pilih di Kabupaten Wonogiri dan akan di coklit sebanyak 893.533 pemilih dengan jumlah KK terdaftar per 1 Desember 2017 sebanyak 357.770. Tahapan pencocokan dan penelitian ini berlangsung dari tanggal 20 Januari s/d 18 Februari 2018 dengan melibatkan 125 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), 882 Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan 2033 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP). Dengan sebaran wilayah 25 Kecamatan, 294 desa/ kelurahan, dan 2033 TPS.

Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP) akan mendatangi Pemilih dari rumah ke rumah untuk mencocokkan dan meneliti Daftar Pemilih, masyarakat di Kabupaten Wonogiri di himbau untuk :

  1. Siapkan KTP- El / Surat Keterangan dari Disdukcapil tunjukkan pd PPDP 
  2. Pastikan nama Anda telah masuk dalam daftar pemilih
  3. Sampaikan pada petugas apabila nama Anda atau anggota keluarga Anda yg memenuhi syarat memilih tapi belum masuk dalam daftar 
Sudahkah anda di Coklit?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar