Sabtu, 20 Januari 2018

LIMA WISATA GOA KARST GUNUNG SEWU DI WONOGIRI


Kabupaten Wonogiri terutama wilayah selatan merupakan kawasan karst Gunung Sewu. Kawasan Karst ini terdiri sebagian besar berupa pegunungan kapur yang menyimpan potensi wisata alam berupa goa. 
Berikut adalah 5 wisata Goa yang ada di Kabupaten Wonogiri :

Goa Tembus (Foto : Ekspedisi Eksotika Tepi Benua) 

Goa Tembus
Goa Tembus merupakan situs goa pertama jika akan memasuki kawasan wisata Museum Karst Indonesia. Dinamakan Goa Tembus karena goa ini memiliki lorong yang tembus hingga ujung bukit. Panjang goa sekitar 100 meter dengan menyajikan keindahan stalagtit yang menghiasi atap goa. 

Goa Putri Kencono (Foto Ekspedisi Eksotika Tepi Benua)

Goa Putri Kencono
Terletak di desa Wonodadi Kecamatan Pracimantoro atau berjarak 45 Km dari Kota Wonogiri arah barat daya. Menyajikan keindahan berupa stalagtit yang masih terus tumbuh. Air yang menetes dari ujung stalagtit begitu bening dan dingin.
Berdasarkan mitos yang berkembang, Goa Putri Kencono merupakan istana persemayaman Putri Kencono Wungu dari Majapahit.

Goa Sodong
Goa Sodong
Goa Sodong merupakan satu goa di kompleks Museum Karst Indonesia  yang terletak sekitar 100 meter arah barat. Goa Sodong terdapat sungai bawah tanah yang masih dimanfaatkan warga sekitar. Goa ini memiliki panjang lorong goa yang belum diketahui karena belum ada yang berani menyusuri hingga ujung goa.

Goa Song Gilap (Foto : Ekspedisi Eksotika Tepi Benua)
Goa Song Gilap
Goa Song Gilap terletak di selatan Musuem Karst. Dinding mulut goa song gilap menjulang tinggi sekitar 75 meter dan lebar 150 meter. Setelah dilakukan penelitian terdapat jejak peradaban kehidupan masa lampau di tempat ini. Ditemukan sisa tulang belulang dan artefak yang merupakan bukti ditempat ini digunakan sebagai tempat tinggal.

Goa Potro Bunder (Foto : Ekspedisi Eksotika Tepi Benua)

Goa Potro Bunder
Goa Potro Bunder juga masih satu kompleks goa di Museum Karst Indonesia. Goa ini menyajikan paduan stalagtit yang terukir indah di atap dan dindingnya.  Besar lorong goa menjadikan goa ini tampak begitu megah menyerupai sebuah bangunan dengan ruang yang terukir alami.
Bagi pecinta fotografi tempat ini begitu eksotis untuk diabadikan. Detail ukiran batuan begitu indah yang tercipta secara alami karena tetesan air jutaan tahun lamanya.

Penasaran dengan Wisata Goa Karst Gunung Sewu? Ayo Rame-Rame Neng Wonogiri! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar